Belantara, bagikan bantuan untuk Mangrove Rawa Mekar Jaya

Image
Thursday, 03 May 2018 | 10:51:17 WIB


Siak (nusapos.com)-Kelompok sadar wisata (pokdarwis) bidang perempuan, kampung Rawa Mekar Jaya (RMJ) kecamatan Sungai Apit, bersemangat mengembangkan sektor pariwisata di daerah. Mereka sudah mulai berbenah sejak diresmikannya rumah alam bakau RMJ, dengan harapan memperoleh manfaat ekonomi bagi masyarakat  tempatan.

Selain bantuan dari pemerintah, dan pihak perusahaan, Senin (30/4/18) kemarin, pokdarwis RMJ ketiban rejeki dari yayasan Belantara, berupa satu unit bangunan gerai oleh-oleh untuk pengunjung wisata.

Warung tersebut adalah bantuan dari Yayasan Belantara yang di buka secara resmi oleh Asisten I Setda Kab. Siak,  Budi Yuwono didampingi Dirut Belantara, Dr. Sri Maryati, dan Kadis DLH Kab. Siak pada saat kegiatan Study Visit Jambore Nasional Generasi Hijau (JNGH), serta Iwan Aldes anggota DPRD Musi Banyuasin.

Syef Al Kamal selaku staf lapangan dari yayasan Belantara menyebutkan, untuk tahap awal ini warung tersebut, masih di isi dengan beberapa barang kerajinan tangan seperti anyaman tas, kuliner, makanan ringan, dan juga madu kelulut hasil budidaya masyarakat. 

Kedepanya, sebut dia, tentu diharapkan akan semakin banyak jenis barang yang bisa dijadikan buah tangan untuk dibawa pulang pengunjung. Pria berperawakan ramah ini mengakui masih terdapat beberapa kendala terkait pengelolaan untuk bahan dasar mangrove seperti belum tersedianya alat yang lengkap untuk memproses tanaman mangrove menjadi suatu hasil yang bisa dimanfaatkan secara optimal.

Ditempat yang sama, Direktur Eksekutif Yayasan Belantara Sri Maryati menyebutkan, Belantara adalah singkatan dari Bersama Lestarikan Nusantara. Dikatakannya, yayasan ini telah beroperasi sejak tahun 2016 dan telah memfasilitasi sejumlah provinsi seperti Riau, Jambi, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Barat dalam melaksanakan program pengelolaan ekosistem hutan.

Untuk tahan awal, kami sudah melakukan proteksi dan restorasi hutan bakau untuk wilayah Riau, dengan target seluas 564 Ha, dan kami sudah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah kabuptaen Siak, ujarnya.

Ia menambahkan bahwa yayasan yang dikelolanya telah melakukan upaya lainya, seperti membantu membangun sekat kanal di Kawasan Hutan Konservasi Giam Siak Kecil, dan juga mendukung upaya operasional masyarakat sadar api dan penyelamatan satwa. 

Sumber : -

Laporan : Amrianto

Editor : Red

loading...
Post

UPZ IKPP Santuni Anak Yatim

2 bulan yang lalu
Post

Jambore Masyarakat Gambut

2 bulan yang lalu
Post

Istana Siak di Bakar OTK

6 bulan yang lalu
Post

MTQ Riau Dibuka Plt Gubernur

2 tahun yang lalu